Cara Adjustment Nilai Persediaan sesuai hasil Audit

PT. ABC mendapatkan hasil Audit nilai persediaan dan Qty per 31 Des 2017, hasil tersebut di terima pada bulan Maret 2018. Dan hasil Audit yang diberikan terdapat perbedaan nilai Persediaan dan Qty per 31 Des 2017. Untuk itu PT. ABC harus melakukan Adjustment untuk menyamakan nilai persediaan dan Stock yang ada di sistem ERP dengan hasil audit yang di terima. Dikarenakan hasil diterima di bulan Maret 2018, maka PT. ABC setelah melakukan Adjustment untuk nilai persediaan dan Stock produk yang berbeda, PT ABC juga harus melakukan proses Recalculate Costing. Proses ini fungsinya untuk menghitung ulang cost atas transaksi yang sudah terjadi selama Jan 2018 s/d Maret 2018.

Berikut Langkan yang harus dilakukannya PT. ABC :

1. Open Period

Buka window Calender Year and Period, kemudian Open period Des 2017 s/d periode berjalan.

2. Cek Window Unposted Documents

Pengguna harus memastikan tidak ada transaksi yang belum terposted sampai tgl 31 Des 2017

3. Adjustment nilai Stock

3a.Untuk Adjsutment nilai Stock, pengguna bisa menggunakan transaksi Internal Use,lalu lakukan adjustment untuk item-item yang qty nya berbeda dengan hasil Audit.

4. Adjustmenmt Pesediaan sesuai dengan hasil Audit

Untuk langkah ini bisa dilakukan dengan 2 cara : Manual (4a) dan Import (4b)

4a.Untuk Adjustment nilai persediaan, pengguna bisa menggunakan window Inventory Cost Adjustment. Di window ini kolom Rebuild Cost From Asset dipilih Y ( Ini fungsinya agar pengguna mendapatkan nilai Current Cost Price untuk item yang akan di Adjustment sesuai hasil persediaan/Qty yang saat ini di akui sistem.JANGAN COMPLETE DOKUMEN INI

4b.Jika data produk yang akan di Adjustment nilai persediaannya banyak, maka pengguna bisa memanfaatkan fitur Import Inventory Cost Adjustment. Import Cost Adjustment per 31 des 17 (Hanya Element :Material PO saja yg diimport). Sebelumnya pengguna sudah menyiapkan data CSV untuk item-item yang akan di Adjustment nilai persediaannya sesuai format yang sudah di sediakan di sistem ERP

Note : Untuk proses Inventory Cost Adjustment jika di lakukan di tanggal 31 des 2017, artinya sistem melakukan Adjustment untuk stock per 30 des 2017.Untuk itu disarankan di tanggal Cost Adjustment sudah tidak ada transaksi lagi.

5.Jalankan proses Update product Cost per 31 des 17.

Ketika menjalankan proses ini, list box Zero Other Cost Element harus dicentang. Karena pengguna akan memperbaiki nilai saldo awal per 31 des 17.

6. Completed Inventory Cost Adjustment yang sudah di buat atau di Import sebelumnya .

Jika data inventory cost adjustment-nya sudah di buat atau diimport maka di window ini kolom Rebuild Cost From Asset dipilih Y ( Ini fungsinya agar pengguna mendapatkan nilai Current Cost Price untuk item yang akan di Adjustment sesuai hasil persediaan/Qty yang saat ini diakui sistem. Lalu COMPELETE dokumen ini.

7. Jalankan proses Update product Cost lagi per 31 des 17 untuk memastikan.

Ketika menjalankan proses ini,list box Zero Other Cost Element harus dicentang. karena pengguna akan memperbaiki nilai saldo awal per 31 des 17.

8. Buka Window Calender Year and Periode kemudian list box Hold Material Transaction dicentang kemudian klik Save.

9. Buka Sysconfig Average Negative Qty dan Audit Log Average negative Qty set menjadi=Y.

10. Buka report Average Costing Check (As Of Date ). Harusnya tidak ada product yang muncul.

1
1. Jalankan proses Recalculate costing

Pilih Organisasi yang akan di recalculate , kemudian Account date diisi dari 1 Jan 2018 s/d saat ini. Reset Current Cost Pricedan Delete Cost detail dicentan.

12. Periksa Unposted Dokumen ( Patikan tidak ada transaksi yang belum terposted )

1
3. Periksa Average Costing Check. Harusnya tidak ada product yang muncul

1
4. Buka Sysconfig Average Negative Qty dan Audit Log Average negative Qty set menjadi =N

15.Buka Window Calender Year and Periode kemudian list box Hold Material Transaction dibuang centangnya kembali, kemudian klik Save.


Leave a Reply