Pengaturan Akses Field di Adempiere

Ketika Anda dihadapkan pada situasi dimana Anda harus membatasi siapa yang bisa mengakses data tertentu, Anda tidak perlu khawatir karena Adempiere memiliki fitur Role-based Security Access yang sangat lengkap. Anda bisa mengatur akses data mulai dari level Tabel, Column atau Field, sampai ke Record. Dalam kesempatan ini, saya akan bahas bagaimana melakukan pengaturan akses field di Adempiere.

Misalnya, Anda diminta untuk membatasi siapa yang dapat mengganti Price List di jendela Sales Order. Ketika kita memasukkan Business Partner, field Price List ini akan terisi dengan Price List yang sudah diatur dalam master Business Partner tersebut. Sehingga idealnya, field ini tidak boleh diganti-ganti lagi. Staf Sales Admin dapat melihat field tersebut tetapi mereka tidak diperkenankan untuk mengubahnya. Hanya Sales Manager saja yang diperkenankan untuk mengubahnya.

Untuk melakukan pengaturan ini, Anda bisa membuka menu Role Data Access. Kemudian pilihlah Role yang hendak kita setup, misalnya role Sales Admin. Pindah ke tab Column Access, pilih tabel C_Order, lalu pilih kolom M_PriceList_ID. Centang Exclude dan Read Only. Simpan.

Ya, cukup begitu saja. Mudah bukan ? Sekarang Anda logout dan login dengan role Sales Admin. Bukalah menu Sales Order. Anda masih bisa menemukan field Price List tetapi Anda tidak dapat mengubah-ubahnya lagi. Jika Anda login sebagai Sales Manager, Anda masih dapat mengubah field tersebut.

Kasus lain, mungkin Anda harus menyembunyikan seluruh kolom yang berkaitan dengan harga, misalnya kolom Total Lines dan Grand Total di jendela Sales Order. Juga kolom Price, Unit Price, List Price dan Line Net Amount di tab Sales Order Line.

Anda bisa melakukan langkah-langkah yang sama seperti di atas. Jika Read Only tidak dicentang, maka berarti kolom-kolom tersebut tidak dapat dilihat sama sekali oleh role bersangkutan.

Namun demikian langkah-langkah ini akan sangat panjang karena jumlah kolom yang berkaitan dengan harga sangatlah banyak. Untuk itu tim Goodwill menambahkan satu fitur di dalam menu Role, dimana Anda cukup mengatur apakah role tersebut “Can Read Price” dan / atau “Can Read PO”.

Jika Anda mencentang “Can Read Price” maka role tersebut dapat membaca semua kolom yang berkaitan dengan harga, jika tidak dicentang maka sebaliknya role tersebut tidak dapat membaca harga, bahkan sampai termasuk harga-harga yang ada di dalam jendela Product Info, Order Info dan Invoice Info, serta harga-harga yang ada di dalam report tertentu.

akses field

Sedangkan “Can Read PO” mempunyai maksud apabila dicentang maka role tersebut dapat mengakses informasi mengenai harga beli dan harga pokok. Dengan membuang centangnya, maka Anda bisa memastikan role tersebut tidak dapat membaca informasi yang sangat rahasia ini.

Kedua fitur ini sangat memudahkan Anda untuk melakukan pengaturan yang sangat penting ini karena harga adalah salah satu informasi yang sangat sensitif dan patut dijaga dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

Goodwill Consulting adalah bagian dari komunitas pengembang dan pendukung Adempiere. Jika Anda membutuhkan bantuan profesional untuk implementasi Adempiere, silahkan menghubungi kami.

Leave a Reply